bekamjakarta.com Headline Animator

Kamis, 13 Mei 2010

Mengatasi Gangguan Keringat Berlebih

http://cybermed.cbn.net.id/UserFiles/Image/cybermed/Health%20Tips/keringatdalam.jpgKeringat berlebihan umumnya banyak dialami remaja yang kadang bisa berlangsung hingga dewasa. Keringat berlebihan ini terjadi bukan habis olahraga atau udara panas, tapi dalam kondisi normal pun penderitanya mengeluarkan banyak keringat.

Banyak berkeringat memang sehat, tetapi jika sudah terlalu banyak akan muncul masalah. Pakaian cepat basah, tidak nyaman dan kadang-kadang disertai bau badan yang tidak sedap.

Dalam istilah medis, produksi keringat berlebih disebut hiperhidrosis. Dikutip dari Mayo Clinic, Senin (3/5/2010), gangguan ini dipicu oleh rangsangan berlebih pada kelenjar keringat dan umumnya terjadi di telapak tangan dan kaki, ketiak maupun seluruh tubuh.

Hiperhidrosis bisa dengan mudah diatasi dengan penggunaan antiperspiran, yang dijual bebas dalam bentuk bedak, krim maupun spray. Bisa juga menggunakan obat antikolinergik yang bisa diperoleh dengan resep dokter, untuk menghambat stimulasi pada kelenjar keringat.

Selain itu, masih ada lagi cara ampuh untuk mengatasi hiperhidrosis yakni injeksi Botox. Cara ini cukup populer, karena banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan misalnya untuk menghilangkan keriput.

Botox diketahui mampu menghambat pelepasan neurotransmiter penyebab stimulasi berlebih pada kelenjar keringat. Oleh karenanya Botox dipakai juga untuk mengatasi hiperhidrosis melalui injeksi atau suntik.

Tips Menghindari Keringat Berlebih

Jika pengatasannya saja mudah, maka pencegahan keringat berlebih tentunya jauh lebih mudah. Dikutip dari Mayo Clinic (3/5/2010), beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah produksi keringat berlebih adalah sebagai berikut:

1. Mandi setiap hari lalu segera keringkan badan dan kaki setiap habis mandi
2. Gunakan antiperspiran seperti deodoran, jika tidak mempan gunakan larutan aluminium klorida
3. Gunakan baju dalam dan pakaian bersih yang terbuat dari katun. Hindari pakaian ketat
4. Gunakan sepatu dan kaus kaki dari bahan-bahan alami
5. Gunakan kaus kaki yang sesuai dengan aktivitas maupun cuaca dan sering-sering ganti kaus kaki
6. Sering-sering melepas sepatu agar kaki tidak lembab
7. Hindari memakai pakaian yang terbuat dari bahan-bahan sintetis
8. Cobalah yoga dan meditasi untuk mengontrol stres, yang juga bisa memicu keringat berlebih
9. Cukup minum air putih, hindari kafein dan alkohol
10. Hindari masakan berbumbu yang bikin keringat keluar seperti bawang putih dan bawang merah.

Sumber: detikcom

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

abc